Anak TK Harus Belajar Online? Ini Tips Anti Rewel Anak Belajar Jarak Jauh!

Halo,

Mbok Will siap berbagi cerita dan tips buat moms semua ^^

“Aduh kerjaan rumah aja belum kepegang semua, eh anak belajar online pun masih minta ditemenin.”

“Haduh, anak sering mogok, bad mood, dan harus dirayu. Kenapa ya kok ngga bisa jalan sendiri biar saya bisa kerja juga!”

Siapa yang dalam hati mengeluh seperti itu? Itulah Mbok di bulan bulan awal anak belajar online. 🤪

Menurut Mbok pribadi, anak TK sebenarnya kurang pas untuk ikut pembelajaran online ya.

Salah satunya karena mereka perlu banyak banget kegiatan motorik sensorik lewat permainan bersama guru dan teman-temannya. Tapi, ya sudahlah Mbok tidak bahas hal itu ya.

Kita bahas tipsnya aja karena sampai beberapa bulan ke depan pun, masih ada sesi belajar online kan ya. Mungkin bisa jadi solusi buat moms semuanya.

Di usia anak Mbok yang 5 tahun ini, saya baru bisa menemukan beberapa cara setelah melalui banyak trial and error.



Bangun pagi dan main

Kalau jam belajar online anak dimulai agak siang (anak Mbok Will sih startnya jam 10.30 wib), sebaiknya tetap bangunkan anak 1 atau 2 jam sebelumnya ya.

Tujuannya supaya anak ada waktu me time . Dia bisa nyantai  dan tidak dikejar-kejar untuk segera menghadap laptop.

Kalau ada waktu, bisa juga diajak main sebentar untuk sekedar warming up. Jadi, no lemes no ngantuk.



Kid of the Week

Ini nama program ya, moms bisa buat program buat seseruan dan motivasi anak.

Tujuannya supaya dia tahu bahwa kalau dia sudah melalui-misal nih- 5 kali sesi belajar, ada hadiah menunggu.

Bedakan ya moms hadiah untuk 1 minggu, 2 minggu,3 dan 4 minggu, Tentunya makin lama durasinya, hadiahnya harus makin menarik biar mereka semangat ngejarnya.

Mahal dong? Hadiah menarik tidak harus mahal, kok. Bisa berupa jam bebas untuk main gadget di hari Sabtu, boleh piknik di halaman rumah/ teras.



Oles-oles Peppermint essential oil

Di baju bagian depan. Aroma Peppermint bisa bantu anak Mbok fokus belajar.

Moms ada pengalaman serupa?

Comment dong, biasanya pake oil apa selain Peppermint ?



Sediakan minum dingin

Anak saya sering banget lihat ke luar jendela kalau dia sudah jenuh dengan belajar onlinenya. Dan, kelanjutannya jadi kurang fokus kalau sudah meleng ke mana-mana.

Tips: Sediakan 1 botol air dingin.

Setiap kali dia merasa capek, bosen (menatap 1 titik terus itu siksaan loh buat anak kecil. Boring banget buat dia) dia bisa minum segelas air dingin dan kembali segar, fokus.



Snacky Snack

Sesi belajar online biasanya diselingi dengan break time atau jam istirahat. Moms sediakan aja snack favorit yang simple dan ready-to-eat.

Kalau anak Moms suka yang crunchy, seperti anak Mbok Will, sediakan aja kripik. Lebih tepatnya, sedia kripik tempe kalo di rumah Mbok Will.

Kalau moms mau ikutan, pilihnya yang tanpa bahan pengawet karena relative aman. Trus, pilih yang tidak bikin serik/ ngeres di tenggorokan.

Oya, hal lain yang sepele sebenernya tapi saya suka pilih pilih, ukuran kemasannya.

Saya suka kemasan praktis kaya misal 100 gram. Jadi Mbok Will tidak perlu pusing ikat, bungkus lagi dan takut melempem.

Menurut saya 100 gram itu pas sih buat sekali makan. Psst.. si Mbok juga ikutan makan sedikit biasanya.

Sedikit kok…  😉

Btw keripik tempe yang cocok di hati itu yang kaya gini

https://shopee.co.id/product/31849730/8304997091?smtt=0.31851114-1608781727.9

Monggo dilihat👆👆

Tos sek! (Tos dulu!)

Yo…👋podo wae kok..Mbok Will iki housewife a.k.a ibuk rumah tangga…

Mbok Will aslinya pekerja… Tidak bisa diem barang sebentar aja.

Dulu pagi bisa olahraga

Siang kerja..

malem pulang..

Masih browsing sana sini…👩‍💻

Kadang lanjut bikin laporan…

Weekend ngunjungi mall..

ngafe 🍮🍹

rata pokoknya semua didatengin…

Begitu di rumah, awal awal kaget-bosen-sumpek-pengen jalan-jalan terus.

Sekarang punya buanyak cerita…receh sampe kelas berat…seputar rumah, barang” rumah, nak kanak children.

Nyantai” aja bacanya ya..sambil nunggu anak bangun tidur…nunggu jamnya bangunin anak buat pipis ye kan cyiin…

Kalo mampir..jangan lupa sapa si Mbok ya..kita kenalan sek! 😍

Buat situs web Anda di WordPress.com
Mulai